Cara Mengobati Chikungunya Dengan Jahe Merah

Cara Mengobati ChikungunyaSelain dengan mengkonsumsi obat medis untuk mengobati chikungunya, anda juga bisa mengatasnya dengan menggunakan jahe merah. Apa saja manfaat jahe merah dalam pengobatan chikungunya? untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Penyakit chikungunya merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang sama dengan DBD yaitu nyamuk aedes aegypty. Penyakit ini biasanya akan menyerang daerah persendian dan bahkan menyebabkan penderita mengalami kelumpuhan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk penanganan dan cara mengobati chikungunya secara alami termasuk salah satunya dengan menggunakan jahe merah.

Cara Mengobati Chikungunya Dengan Jahe Merah

Jahe merah merupakan salah satu keluarga dari tanaman jahe yang mempunyai karakteristik bagian dalam berwarna merah muda serta bagian  sampai kuning, berbeda dengan jahe biasa. Kandungan yang ada dalam jahe sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti flavonoid, antibakteri,  antiradang yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan dan meredakan nyeri pada persendian , serta antibiotik alami yang sekaligus untuk antibodi alami.

 Jahe merah juga mengandung oleoresin yang lebih tinggi dari jahe lainnya, di mana oleoresin juga dapat bekerja sebagai antiperadangan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada otot dimana nyeri pada otot adalah salah satu gejala dari penyakit chikungunya. Kandungan lemonin dan kamfena juga bisa membantu untuk meredakan gejala demam dan sakit kepala.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada pengobatan chikungunya berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan pada saat mengkonsumsi jahe merah yaitu :

  1. Hindari konsumsi jahe merah dengan menambahkan banyak gula atau pemanis buatan karena dapat berpengaruh pada penyerapan zat antioksidan yang ada dalam jahe.
  2. Dengan mengkonsumsi secukupnya paling banyak 1-2 ruas ibu jari atau ½ -1 sendok makanan bubuk jahe merah dalam satu hari.
  3. Cara penggunaan jahe merah :
    • Rebus 200 ml air putih dan tambahkan 7 irisan jahe merah.
    • Tambahkan jinten hitam secukupnya, dan tunggu sampai mendidih.
    • Angkat lalu saring dan tambahkan madu secukupnya.

Untuk mencegah terjadinya penyakit chikungunya sebaiknya anda selalu menjaga kebersihan rumah terutama pada tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi untuk menghindari adanya perkembangan jentik nyamuk.

Demikian informasi tentang cara mengobati chikungunya dengan jahe merah semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s